4 Kata Yang Mengubah Dunia

on Minggu, 20 Januari 2013
Berbagai cara dilakukan untuk mengajak orang mencanangkan aktivitas go green. Salah satu cara tersebut adalah dengan memaparkan 4 langkah sederhana melakukan aktivitas go green yang disingkat menjadi 4R. Taukah kalian apa saja 4R tersebut ? Inilah penjelasan lebih lengkapnya :

1. REDUCE
Minimalkan penggunaan bahan-bahan yang susah didaur ulang seperti plastik, kaleng dan bahan lainnya yang sekiranya dapat merusak lingkungan. Sebisa mungkin kita harus bisa menahan pemakaian bahan-bahan tersebut supaya sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan tersebut tidak bertambah banyak.

2. REUSE
Gunakan kembali barang-barang yang sekiranya masih dapat digunakan. Jangan gunakan barang yang hanya dapat digunakan sekali saja. Sebagai contohnya adalah pembungkus plastik karena selain hanya dapat digunakan sekali, plastik akan susah didaur. Akibatnya sampah yang dihasilkan semakin banyak dan akan sangat merusak lingkungan.

Lebih baik kita membawa sendiri tempat makan atau mungkin toples yang dapat digunakan berulangkali untuk membungkus makanan, atau menggunakan tas belanja ramah lingkungan yang sudah banyak dijual di pasaran.

3. REPLACE
Gantilah barang-barang tidak ramah lingkungan yang biasa dipakai dengan barang yang lebih ramah lingkungan atau lebih mudah didaur oleh alam supaya dapat kembali lagi ke alam.

4. RECYCLE
Jangan langsung membuang barang-barang yang sudah tidak dipakai. Barang-barang yang mungkin sudah dianggap sampah tersebut mungkin pula dapat bernilai jual tinggi. Dengan menambahkan sedikit kreativitas dan seni barang-barang yang tadinya tidak terpakai dapat berubah menjadi barang bernilai seni, berharga jual tinggi dan bermanfaat. Ini juga merupakan salah satu cara mengurangi sampah yang ada dan merusak lingkungan.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai 4R. Mari biasakan hidup sehat yang ramah lingkungan untuk bumi yang lebih segar :) Let's Go Green!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Template Design by Patbhe 6 Team . Powered by Blogger