Merubah Gaya Hidup Demi Hijau? Bring it on!

on Sabtu, 19 Januari 2013
 
Sadarkah kalian bahwa dunia kita semakin tua dan semakin butuh perhatian lebih?

   Ternyata, segala hal yang telah kita lakukan turut andil dalam mempengaruhi keadaan bumi kita, loh.

   Pertanyaannya,"Sudahkah Anda mekakukan hal yang baik untuk bumi?"

   Melihat pertanyaan tersebut, sudah pasti artikel ini mengarah tentang apa saja kebiasaan baik yang dapat kita lakukan untuk perubahan bumi. Ya, Anda tidak perlu berpikir untuk menambal ozon yang kini telah menipis (red : hal absurd), cukup dengan melakukan hal kecil yang dilaksanakan secara rutin hingga nantinya menjadi kebiasaan. Dengan begitu, balasan bumi yang semakin membaik ada di tangan. Penasaran apa saja hal kecil tersebut? Ini dia, check it out!


1. Utamakan meminjam daripada membeli



Barang-barang seperti buku, CD, atau barang jangka pendek lain yang kira-kira dapat dipinjam tanpa harus membeli harus diutamakan. Apabila kita tetap terus membeli barang seperti kriteria tersebut, akan meningkatkan penggunaan bahan produksi yang lama-kelamaan akan langka, seperti halnya pohon dalam pembuatan buku. Jika bisa meminjam, kenapa harus beli?

2. Minimalkan penggunaan minuman dan makanan berkemasan sekali pakai



Makanan dan minuman yang berkemasan seperti plastik, kaleng, dan bahan lain yang sulit didaur, akan menyebabkan pencemaran lingkungan. Apabila kita tidak mendaur dengan benar, hal buruk itulah yang terjadi. Untuk mengurangi penggunaan bahan yang sulit didaur, kita dapat melakukan hal seperti membawa minuman dan makanan dengan toples yang dapat digunakan lebih dari satu kali.

3. Kurangi penggunaan kendaraan pribadi



Kendaraan pribadi seperti motor dan mobil dapat meningkatkan jumlah polusi udara yang nantinya akan merusak ozon. Untuk mengurangi jumlah polusi yang disebabkan kendaraan tersebut kita dapat menggunakan sepeda atau mungkin berjalan kaki untuk menuju tempat yang sekiranya dapat kita tempuh. Jika jauh pun, kita menggunakan kendaraan umum seperti bis dan kereta.

4. Pilah - pilih sebelum membuang



Ada berbagai macam sampah yang setiap harinya kita buang. Ada yang dapat didaur dengan sederhana dan ada yang tidak. Ada baiknya kita memilah sampah sesuai dengan kriterianya seperti sampah organik dan sampah anorganik. Sampah yang kita buang sesuai kriterianya dapat memudahkan kita dalam mendaur. Untuk sampah organik terpilah, dapat kita gunakan sebagai bahan pembuatan pupuk kompos. Untuk sampah anorganik terpilah, dapat kita daur/kreasikan sebagai barang-barang berguna lainnya.

5. Hijaukan lingkungan tempat tinggalmu



Tanaman hijau yang mengandung klorofil dapat menyerap carbondioksida yang dihasilkan kendaraan bermotor dan dapat merubahnya menjadi oksigen. Oleh karena itu, kita dapat mengurangi polusi udara dengan menanam tanaman-tanaman hijau. Selain dapat menyegarkan udara, tanaman-tanaman hijau yang ada dapat melindungi kita dari panas matahari yang semakin menyengat.

Siapa sangka hal-hal kecil yang kita lakukan pengaruhnya bisa sangat besar bagi bumi kita? Asal kita membiasakan diri untuk memiliki kebiasaan yang baik, bumi yang baik jadi balasan. So, tunggu apa lagi? Let’s go green!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Template Design by Patbhe 6 Team . Powered by Blogger