Si Kecil Yang Besar

on Sabtu, 19 Januari 2013
Pasti kalian bertanya - tanya tentang judulnya, apa sih si kecil yang besar? Si kecil yang besar tidak lain tidak bukan adalah sumur resapan. Loh, sumur resapan? itu kan hanya lubang galian kecil? memang punya manfaat seberapa besar?


Jangan salah bro, sumur resapan yang kecil - kecil itu punya manfaat yang sangat besar bagi kehidupan kita.
Sumur resapan adalah lubang yang berfungsi sebagai jalur air agar meresap ke tanah untuk menjadi cadangan air tanah. Ukuran sumur resapan bervariasi, untuk taman yang tidak tertutup beton cukup berdiameter 40cm dengan kedalaman minimal 1 meter, sedangkan untuk ukuran rumah bisa menyesuaikan.

Manfaat sumur resapan sangat banyak lho, diantaranya mengurai genangan air di permukaan yang akan menimbulkan banjir, menambah cadangan air tanah, mencegah amblasnya tanah akibat hilangnya air tanah, penyubur tanah di sekitarnya, dan masih banyak lagi manfaat dari si kecil ini.


Pembuatan sumur resapan tidak begitu sulit, cukup membuat galian berbentuk sesuai selera (paling bagus lingkaran karena bentuk lingkaran dapat menahan tekanan air dan tanah). Untuk lubang dengan diameter dibawah 50cm, lubang tidak perlu ditahan oleh material - material bangunan (beton, batu batu, dsb) karena tanah masih dapat menahan tekanan di sekitar lubang. Sedangkan, untuk sumur yang berdiameter diatas 50cm sebaiknya diberi penahan berupa beton, susunan batu, atau susunan batu bata karena untuk lubang sebesar itu, biasanya rawan terhadap tekanan di sekitar lubang yang akan menyebabkan lubang runtuh/tertutup dan membahayakan bangunan atau makhluk hidup di sekitarnya. Jangan lupa juga, tutup sumur resapan harus memiliki lubang - lubang.

Bagaimana Sob, banyak kan manfaat dari sumur resapan? Maka dari itu jangan sepele kan hal - hal kecil karena siapa tahu hal kecil itu memiliki manfaat besar bagi kehidupan kita. Bayangkan saja kalau setiap rumah punya sumur resapan minimal satu lubang, yang namanya 'banjir' pasti tidak akan berani muncul kecuali memang ada faktor lain. Let's Go Green for Better Life!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Template Design by Patbhe 6 Team . Powered by Blogger